Skip to main content

Produk

Visine® Extra (Tetrahidrozolin HCl + Polietilen Glikol 400)

Visine® Extra (Tetrahidrozolin HCl + Polietilen Glikol 400)

Meredakan mata merah dan memberi kelembaban pada mata

Indikasi
Meredakan mata merah karena iritasi ringan. Digunakan sebagai pelindung terhadap iritasi lebih lanjut atau untuk mengurangi keadaan mata yang kering.

Cara Bekerja
Visine® Extra adalah suatu larutan oftalmik yang menggabungkan efek dekongestan dari tetrahidrozolin hidroklorida dengan efek mengurangi iritasi dari polietilen glikol. Larutan ini meringankan gejala pada edema konjungtiva dan hiperemia sebagai efek sekunder dari alergi mata, iritasi ringan, dan yang disebut konjungtivitis nonspesifik atau katarral. Tetrahidrozolin hidroklorida adalah suatu obat simpatomimetik, yang menimbulkan dekongesti melalui vasokonstriksi. Mata yang merah akan diredakan menjadi putih oleh vasokonstriktor, yang membatasi respons vaskularisasi lokal dengan menimbulkan konstriksi dari pembuluh darah halus. Timbulnya vasokonstriksi menjadi jelas dalam beberapa menit. Efek-efek tambahan mencakup berkurangnya rasa panas, iritasi, pruritus, rasa sakit dan lakrimasi yang berlebihan. Polietilen glikol dapat menimbulkan peredaan.

Polietilen glikol adalah obat yang mengurangi iritasi oftalmik yang ternyata efektif untuk menimbulkan peredaan sementara dari gangguan iritasi mata ringan karena terpapar angin atau matahari. Obat ini efektif sebagai pelindung dan pelumas terhadap iritasi lebih lanjut atau meredakan keadaan kering dari mata.

Efektivitas tetrahidrozolin hidroklorida untuk meredakan hiperemia dari konjungtiva dan gejala-gejala yang ada kaitannya telah ditunjukkan oleh banyak uji klinis, termasuk beberapa studi tersamar ganda, yang melibatkan lebih dari 2000 pasien yang menderita hiperima akut atau kronis yang ditimbulkan oleh berbagai keadaan. Visine® Extra adalah suatu produk yang menggabungkan efek meredakan mata merah dari suatu vasokonstriktor dan efek membasahi yang menyejukkan dan melindungi dari obat yang mengurangi iritasi.

Cara Pemakaian
Teteskan 1-2 tetes pada mata yang terkena iritasi atau kering sebanyak 3-4 kali sehari atau sesuai petunjuk dokter.

Bahan aktif : Tetrahidrozolin Hidroklorida 0,05%; Polietilen Glikol 400 1,0%

Directions

Peringatan dan Perhatian

  • Obat ini mengandung pengawet benzalkonium klorida, penggunaan jangka panjang dan berlebihan dapat menyebabkan kerusakan selaput mata.
  • Jangan menggunakan obat ini secara rutin dan untuk jangka panjang. Jika gejala telah hilang hentikan penggunaan obat.
  • Jangan menggunakan kontak lensa ketika menggunakan obat ini. Kontak lensa dapat digunakan minimal 10-15 menit setelah obat diteteskan.
  • Untuk menghindari pencemaran, jangan menyentuhkan ujung botol pada permukaan apapun. Tutup kembali setelah pemakaian.
  • Jika anda mengalami rasa nyeri pada mata, perubahan penglihatan, mata merah dan iritasi yang berlanjut terus, atau jika keadaannya memburuk atau tidak berubah selama lebih dari 72 jam atau muncul gejala-gejala baru, hentikan pemakaian dan periksakan kepada dokter. Pemakaian yang berlebihan dari produk ini dapat mengakibatkan mata bertambah merah.
  • Jangan digunakan jika larutan berubah warna atau menjadi keruh.
  • Jangan digunakan jika ban leher botol sudah rusak atau tidak ada.

Kontraindikasi
Visine® tidak boleh digunakan pada pasien yang diketahui hipersensitif terhadap bahan aktif bahan aktif polietelin glikol, tetrahidrozolin hidroklorida, atau komponen lain dalam formulasi obat ini, tidak boleh digunakan pada penderita glaucoma kecuali bila mendapatkan pengawasan dan nasihat dari dokter.

Kehamilan dan Menyusui
Konsultasikan dengan dokter sebelum digunakan apabila Anda sedang mengandung atau menyusui.

Efek Samping
Reaksi di tempat pengaplikasian (termasuk mata terasa terbakar, eritema, iritasi, edema, nyeri dan pruritus), midriasis.

Catatan Bagi Orang Tua
Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan produk ini kepada anak-anak di bawah usia 6 tahun. Jauhkan produk ini dan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak. Jika terminum tanpa sengaja, mintalah bantuan dokter atau segera hubungi rumah sakit terdekat.

Jika gejalanya tetap berlangsung, hentikan pemakaian dan segera hubungi dokter.