Skip to main content

Tips dan Trik

Apakah Makan Wortel Bisa Memperbaiki Penglihatan Mata Saya?

Walaupun wortel merupakan sumber vitamin A, antioksidan, serta zat yang bisa membantu melindungi diri Anda dari katarak atau kondisi mata lainnya, wortel tidak bisa mencegah atau memperbaiki kondisi penglihatan dasar seperti rabun jauh dan rabun dekat. Faktanya, buah segar dan sayuran hijau seperti bayam mengandung lebih banyak antioksidan dan mungkin lebih baik bagi mata Anda dibandingkan dengan wortel.

Referensi: www.visine.com.au

Apakah Membaca dalam Kondisi Cahaya yang Redup Bisa Membahayakan Penglihatan Saya?

Sama seperti halnya bila Anda duduk terlalu dekat dengan TV, mata Anda akan menjadi lebih cepat lelah Meskipun demikian, membaca dengan pencahayaan yang redup semestinya tidak menyebabkan kerusakan mata yang permanen. Cara terbaik untuk membaca adalah dengan mengarahkan sumber cahaya agar menyinari halaman yang ingin dibaca secara langsung, dan bukan mengarah ke mata Anda.

Referensi: www.visine.com.au

Seberapa Sering Saya Harus Melakukan Pemeriksaan Mata?

Pemeriksaan mata secara berkala merupakan langkah yang penting untuk menjaga kesehatan diri Anda. Bayi dan anak-anak harus diperiksa sebelum mereka berusia 3 bulan, dan sekali lagi saat berusia antara 6 hingga 12 bulan, pada usia 3 tahun, 5 tahun, dan setiap kali mereka merasakan adanya masalah pada mata. Anak-anak yang berusia lebih tua atau orang dewasa yang memakai kacamata atau lensa kontak harus memeriksakan kesehatan matanya setiap tahun. Bahkan orang dewasa yang tidak memiliki masalah penglihatan atau mereka yang berisiko rendah terkena penyakit mata harus memeriksakan kesehatan matanya setidaknya satu kali saat berusia antara 20 hingga 40 tahun. Setelah usia 40 tahun, Anda perlu memeriksakan mata Anda setiap 2 hingga 4 tahun sekali, dan setiap tahun atau dua tahun sekali setelah usia 65 tahun ke atas.

Referensi: www.visine.com.au

Apakah Normal bila Kelopak Mata Berkedut?

Kelopak mata yang berkedut merupakan suatu kejadian normal yang biasanya berhubungan dengan rasa letih dan stres. Terlepas dari kenyataannya bahwa kedutan tersebut bisa mengganggu atau bahkan membuat diri Anda merasa cemas, kedutan jarang menjadi gejala suatu penyakit otot atau saraf yang serius

Referensi: www.visine.com.au

Bagaimana Saya Bisa Melindungi Mata Saya di Bawah Sinar Matahari?

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk melindungi mata Anda di bawah sinar matahari, dimulai dengan mengenakan kacamata hitam yang dirancang secara khusus untuk menyaring radiasi sinar Ultraviolet (UV). Carilah rancangan yang sesuai dengan faktor pelindung mata yang tinggi (EPF).

Ada juga tindakan lain yang bisa Anda lakukan:

  • Pakailah topi dengan tepi yang lebar. Sebagian besar sinar matahari berasal dari arah atas kepala Anda, dan bisa melewati filter sebagian besar kacamata hitam yang beredar di pasaran.
  • Jangan pernah melihat ke arah matahari secara langsung, walaupun saat Anda mengenakan kacamata hitam.
  • Kenakan tabir surya pada bagian wajah, kelopak mata, dan di sekitar mata Anda. Berhati-hatilah agar tabir surya tidak mengenai mata Anda.

Kerusakan mata akibat sinar matahari bisa bersifat kumulatif. Setiap kerusakan mata yang terjadi saat Anda masih kecil akan tetap bertahan seumur hidup. Jika ada anak-anak di keluarga Anda, penting untuk memperingatkan dan mengajari mereka tentang bahaya melihat ke matahari secara langsung.

Referensi: www.visine.com.au

Apa Perbedaan antara Visine® Original, Visine® Extra, dan Visine® Tears?